Work from Home IT Solution

Solusi IT Memperlancar ‘Work from Home’ dan Menjaga Produktivitas

 

Ditengah pandemik virus Covid-19, banyak perusahaan mulai memikirkan kesehatan setiap rekan kerja. Namun, banyak kekhawatiran dan hambatan yang kerap dialami dengan solusi bekerja dari rumah, atau ‘Work from Home’ yang di sarankan oleh pemerintah setiap negara.

Jika sarana IT tidak menyanggupi untuk bekerja dari rumah, bisnis dapat merasakan penurunan produktivitas dan pendapatan. Selain network koneksi yang baik, ada beberapa solusi-solusi IT terkini yang dapat menunjang dalam masa masa Work from Home.

 

Infrastruktur Cloud (Privat / Publik)

Infrastruktur cloud (IaaS) memampukan setiap karyawan dapat bekerja dimana saja. Dengan IaaS, software solusi bisnis dapat digunakan dimanapun.

Ada dua jenis innovasi cloud yang dapat digunakan perusahaan. Yang pertama hanya meningkaatkan operational expense karena bersifat publik. Dengan skema pay as you use, cloud publik banyak digunakan oleh start-up.

Untuk bisnis yang memiliki kebutuhan data proteksi yang lebih tinggi dan menyimpan data sensitive (seperti data nasabah) yang diregulasi dengan data sovereignity, solusi private cloud dapat memberikan infrastruktur yang lebih fleksibel.

Namun, perlu diakui bahwa solusi private cloud memiliki capex yang tinggi serta diperlukan IT maintenance yang handal.

 

Robotic Process Automation Meningkatkan Produktivitas dalam Pekerjaan Repetitif

Robotic Process Automation (RPA) adalah robot yang berbasis software yang dapat membantu dalam mengerjakan proses bisnis yang rutin, berskala dan berulang-ulang.

Dengan mengimplimentasikan solusi RPA, bisnis tidak harus mengalami penurunan performa, karena dengan margin of error yang sangat kecil, RPA dapat digunakan untuk mengautomasi proses yang menyita banyak tenaga dan waktu. Solusi RPA dapat dengan mudah dijalankan dan dimonitor dari mana saja.

Seperti yang telah kita bahas, RPA dapat meningkatkan kualitas pekerjaan dan menurunkan biaya pengolahan data. Solusi ini dapat digunakan di berbagai divisi, seperti: finance, purchasing, HRD dan lainnya.

Arahkan karyawan untuk memberi perhatian lebih saat ini kepada proses yang lebih kompleks, seperti membangun relasi dengan customer, dan lainnya.

 

Network Attached Storage (NAS) yang Aman

Work from home akan sangat mudah dilakukan dengan IT infrastruktur yang menunjang. Ada keuntungan bagi bisnis untuk memiliki NAS infrastruktur yang aman.

Apakah NAS? NAS adalah perangkat penyimpanan diatas jaringan. Dengan NAS sangat mungkin untuk menyimpan dan mengambil data dari lokasi terpusat dari berbagai tempat. Secara mudah, memiliki NAS seperti memiliki cloud storage pribadi. Yang terpenting, NAS berarti anda memiliki kendali terhadap keamanan data anda.

NAS infrastruktur memampukan karyawan agar dapat tetap mengakses data-data perusahaan melalui network, dimanapun mereka berada. Sehingga produktivitas perusahaan tetap terjaga dan kebal terhadap krisis dunia seperti Covid-19 ini.

Jikalau ada kekhawatiran mengenai keamanan data, dengan NAS yang sudah di bekali dengan keamanan yang mumpuni, perusahaan tidak usah khawatir akan kebocoran data dan data management. Pastikan kalian mengevaluasi solusi NAS infrastruktur selengkapnya.

 

Free Solutions Connects People

Ada pula beberapa solusi IT infrastruktur yang disediakan secara tidak berbayar melalui internet yang mampu meningkatkan produktivitas dengan memberikan solusi untuk virtual meeting, remote access untuk desktop dan lainnya. Beberapa yang telah kami gunakan adalah:

  1. Zoom
  2. Whereby
  3. Team-viewer
  4. Dropbox dan Google Drive
  5. Slack
  6. Wrike

Banyak solusi lainnya yang dapat digunakan untuk memberi kekebalan terhadap faktor-faktor eksternal yang melumpuhkan. Dengan pengalaman lebih dari 16 tahun, kami siap memberikan assessment dan konsultasi untuk kebutuhan IT Infrastruktur perusahaan anda.

 

PS: Terlepas dari kesiapan IT Infrastruktur, sangatlah penting untuk menjaga agar setiap perangkat dan solusi ini berjalan dengan baik. Kenali maintenance dan services kami yang dapat menurunkan Opex IT kalian.