Mengapa IT Management itu Penting?

Memasuki era teknologi digital, operasional perusahaan tidak bisa lepas dari penggunaan IT. Setiap bisnis maupun perusahaan tentu memiliki manajemen IT. Secara umum, memiliki IT Management merupakan sebuah langkah yang penting untuk perencanaan, pengorganisasian, dan mengendalikan teknologi informasi. Mengapa IT Management sangat penting bagi keberlangsungan bisnis dan perusahaan? Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

IT Manegement sebagai Planning untuk Optimalisasi Kinerja Perusahaan

Tidak bisa dipungkiri lagi jika keberadaan IT sangat membantu optimalisasi produktifitas pada bisnis anda. Hampir semua pekerjaan dapat ditangani dan terbantu menggunakan IT. IT manager yang baik perlu memikirkan proyek IT apa yang cocok diterapkan dalam bisnis dengan mendengarkan keluh kesah dari setiap divisi sehingga mengetahui kendala yang dapat di selesaikan melalui teknologi.

Beberapa hal yang penting diperhatikan ketika Anda membuat sebuah proyek IT antara lain adalah cakupan proyeknya. Buatlah identifikasi tujuan proyek secara jelas dan tidak meluas. Selain itu, perhatikan pula mengenai berapa lama proyek tersebut dapat dikerjakan. Hal lainnya yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan oleh seorang IT Management adalah segi biaya, sumber daya, dan kualitas proyek serta teknologi itu sendiri, baik dalam masa pengembangan maupun masa operasional.

Oleh karena itulah untuk IT manager perlu untuk memiliki partner IT yang terpercaya. Proses pemilihan dan perencanaan teknologi tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan adanya partner IT yang terpercaya, IT manager dapat mengenal produk yang lebih melalui Proses Proof of Concept (POC).

IT Management sebagai Operasional dan Solusi Permasalahan IT

Perawatan jaringan maupun infrastruktur IT yang dilakukan secara berkala juga sangat penting. Hal ini dilakukan agar jaringan dapat terhindar dari masalah serius dan perusahaan dapat fokus tanpa mengganggu bisnis. Contohnya saja bila terjadi downtime akibat kerusakan jaringan atau serangan dari hacker.

Bila data sebagian atau bahkan keseluruhan diretas, sebuah perusahaan akan kesulitan untuk mendapatkan kembali dan menganalisa data tersebut. Di sinilah dibutuhkan kerja sama antara IT management internal dengan IT outsource untuk melakukan sebuah tindakan prefentif dan corrective maintenance atau perbaikan secara menyeluruh agar masalah segera tertangani dengan baik, terlebih lagi jika masalah yang ada tergolong masalah yang sangat serius.

Implementasi IT Management untuk Mengatur Pembiayaan­

Biaya maintenance IT memang tidak sedikit, apalagi bila Anda mengerjakanannya secara personal, tentu beban biaya akan semakin berat. Terkadang biaya membengkak melebihi yang dianggarkan, terutama terkait dengan identifikasi cakupan proyek, waktu, dan sumber dayanya.Berbeda bila Anda menggunakan IT implementasi dari pihak ketiga. Selain harga yang lebih murah, menggunakan IT implementasi dari pihak ketiga juga akan membuat Anda semakin tenang.

Hal tersebut karena implementasi dari IT management dengan pihak ketiga dilengkapi dengan ahli yang sudah berpengalaman dan memastikan pengerjaan maintenance serta manajemen proyek IT yang tepat waktu sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan. Terlebih lagi, maintenance outsourcing akan mempercepat proses perbaikan sistem IT perusahaan karena didukung tenaga ahli dan teknisi yang berpengalaman serta spare part yang sesuai dengan kebutuhan saat itu. Dengan begitu, IT di perusahaan Anda akan memiliki performa yang baik dengan downtime yang rendah bahkan hampir tidak ada.

Itulah beberapa alasan mengapa IT management sangat penting bagi kelancaran operasional perusahaan Anda. Untuk memaksimalkan IT management dan bila ingin menggandeng pihak ketiga, perusahaan perlu jeli untuk memilih layanan IT outsourcing yang dilengkapi teknologi mumpuni.