Keamanan Cloud Computing, Begini Cara Memahaminya

Sistem komputasi awan atau cloud computing menjadi pilihan bagi sebagian besar perusahaan yang menggunakan sistem digital dalam memudahkan dan mempercepat penambahan kapasitas. Selain memberikan fleksibilitas infrastruktur IT, cloud computing juga memiliki keunggulan dalam hal segi keamanan. Bagaimana memahami aspek keamanan dalam cloud computing? Berikut ulasannya yang bisa Anda simak.

 

Skema lingkungan cloud computing

Layanan cloud computing di Indonesia sering kali digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan cloud storage dan cloud server (atau yang sering di sebut Infrastructure as a Service). Fungsinya adalah sebagai landasan sebuah aplikasi maupun sistem yang digunakan ataupun dijalankan secara online. Tidak hanya itu, cloud computing juga dapat digunakan untuk dedicated-hosting, hybrid solution, hingga digunakan sebagai disaster recovery sehingga perusahaan tidak harus mengeluarkan fixed cost yang tinggi!

 

Dalam skema lingkungan cloud computing, aspek keamanan dan permasalahan trafik di lingkup multi-tenancy menjadi isu utama. Untuk itulah dalam memilih vendor penyedia cloud computing, Anda harus memastikan vendor tersebut terpercaya dan memiliki integrasi dalam layanan. Sebaiknya juga Anda perlu memperhatikan sertifikasi dari penyedia layanan seperti sertifikasi EAL4+ untuk mengevaluasi keamanan data.

 

Pembagian peran untuk perlindungan tambahan

Cloud computing memiliki skema data yang sangat mumpuni, yakni menggunakan skema akses data secara granular. Artinya, skema ini dapat memberikan batasan sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya, Anda bisa menggunakan layanan cloud computing untuk basis data konsumen dalam sebuah perusahaan, lalu ada server lainnya yang khusus untuk optimalisasi kinerja sistem tersebut hingga melakukan pencadangan atau backup.

Pembagian dengan skema tersebut tentu membawa banyak keuntungan. Salah satunya memberikan perlindungan tambahan. Khususnya bagi para operator sistem jaringan tersebut. Hal ini dikarenakan modus penyerangan jaringan online juga mencuri data login staf. Bagi akun siapa saja yang lemah, bisa saja akan menjadi korban dari serangan hacker tersebut.

 

Enskripsi untuk pengamanan data lebih baik

Dalam hal pengamanan data, cloud computing memiliki enkripsi tertentu. Pengamanan data tersebut tidak bisa dilakukan tanpa perencanaan yang baik. Semua memiliki sertifikasi khusus yang diakui. Standar dan sertifikasi yang harus diperhatikan adalah seperti menggunakan ISO 9001. Sementara itu, dari segi framework harus menggunakan MOF, COOBIT, dan Cloud Security Alliance.

Penggunaan enkripsi ini sangat penting, terlebih bagi perusahaan yang bergerak di ranah digital dan memerlukan pengamanan tingkat tinggi. Contohnya saja untuk perusahaan perbankan dan finance. Bayangkan saja bila jaringan internet atau aplikasi perusahaan tersebut tidak memiliki enkripsi yang mumpuni, maka dapat diserang oleh hacker dan kerugian yang diderita tidaklah sedikit.

 

Kategori cloud computing terbaik

Lalu, bagaimana memastikan bahwa kategori cloud computing yang digunakan benar-benar aman? Setidaknya ada tiga hal yang menjadi pedoman untuk memastikannya, yaitu:

  • Adanya confidentiality atau dengan kata lain hanya ada orang-orang tertentu yang boleh mengakses dan menerima data penting. Tiga bagian yang bisa menjamin confidentiality ini antara lain adalah Network Security Protocols, Network Authentication Services, dan Data Encription Service.
  • Poin kedua adalah pastikan layanan cloud computing yang Anda gunakan memiliki integritas atau adanya jaminan pesan terkirim maupun diterima yang isinya tidak berubah. Aspek penting dari integrity ini adalah Firewall Services of Commnications Security Management dan Intrusion Detection Sevices.
  • Ketiga adalah availabilty, yakni kepastian data dalam jaringan yang bisa diakses kapan saja ketika dibutuhkan. Pengguna yang memiliki otoritas dapat mengakses jaringan tersebut. Bagian yang harus diperhatikan dalam menjamin availability berjalan dengan baik adalah adanya fault tolerance untuk keamanan data. Misalnya saja adanya sistem backup dan redundant disk system.

 

Di atas adalah sekelumit mengenai pemahaman aspek keamanan cloud computing. Setelah Anda memahaminya, Anda akan memiliki gambaran yang tepat untuk memilih layanan penyedia cloud computing Indonesia . Mitra Teleinformatika Perkasa adalah salah satu penyedia vendor IT terpercaya yang bisa Anda pilih untuk keamanan jaringan IT perusahaan lebih baik.