Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Migrasi ke Virtual Server

Photo Credit: Pexels

 

Virtual server adalah salah satu topik yang paling ramai dibicarakan di dunia IT infrastruktur saat ini. Secara umum, virtualisasi server adalah sebuah proses melalui software untuk menyembunyaikan karakter fisik dari perangkat server dan melihatnya sebagai satu kesatuan. Software kemudian akan membagi total asset sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, dapat meningkatkan utilisasi server dan berfungsi sebagai langkah untuk efisiensi dalam pusat data.

Virtual server dengan kata lain dapat menghemat pengeluaran perusahaan. Sementara dari segi manajemen, membuat operasional perusahaan menjadi lebih mudah dan nyaman. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika Anda akan melakukan migrasi ke virtual server seperti yang diuraikan berikut ini.

 

Perangkat Apa Saja yang Perlu Migrasi?

Perangkat teknologi yang sering digunakan untuk menunjang pekerjaan sebaiknya layak untuk mendapat perhatian migasi virtual server. Hal ini karena dengan server level 1, beban kerja yang bertambah seiring pertumbuhan bisnis perusahaan Anda dapat dengan mudah di tampung oleh virtual server yang fleksibel. Menapa demikian? berdasarkan penelitian Deloitte seperti dilansir oleh Tech In Asia menyebutkan bila dengan menggunakan teknologi terkini, termasuk virtual server dapat menghemat waktu kerja hingga sekitar 43 menit per bulannya.

 

Pastikan Migrasi Cepat dan Biaya Terjangkau

Virtual server membutuhkan biaya dan waktu migrasi yang tidak sedikit. Perusahaan bisa saja melakukan migrasi ke virtual server dengan melibatkan divisi internal IT perusahaan tersebut. Akan tetapi bila perusahaan tidak memiliki tenaga ahli yang mumpuni dan tidak menggandeng system integrator di Indonesia, tentulah sangat berisiko tinggi. Khususnya dari segi biaya akan semakin membengkak karena panjangnya proses instalasi dan implementasi yang semakin lama.

 

Memilih vendor server virtualization service terpercaya

Melakukan migrasi ke virtual server memang tidak mudah bagi perusahaan untuk dilakukan hanya mengandalkan tenaga IT internal saja. Maka dari itu, tidak ada salahnya perusahaan memilih vendor layanan server virtualisasi terpercaya. Hal ini dikarenakan menggunakan pihak ketiga dalam migrasi ke virtual server memiliki banyak keuntungan beberapa di antaranya yang bisa Anda dapatkan untuk perusahaan adalah:

  • Anda akan mendapatkan layanan terbaik mulai dari desain, deployment dan monitoring yang sesuai dengan standar Server Virtualization.
  • Vendor layanan sever virtualisasi terpercaya memiliki tenaga ahli yang sudah tersertifikasi dengan baik sesuai dengan kemampuan dan bidangnya. Selain itu juga memiliki pengalaman yang luas.
  • Proses pengerjaan akan berjalan sesuai dengan perencanaan hingga proses monitoring sistem, sehingga sistem produksi akan dilakukan dengan tepat waktu.
  • Dengan menggunakan pihak ketiga atau vendor layanan server virtualisasi, perusahaan Anda akan terhindar dari risiko-risiko yang tidak diinginkan. Seperti membengkaknya biaya tambahan tanpa diduga. Ini dikarenakan vendor tersebut memiliki strategi dan perencanaan yang sesuai dengan standar yang berlaku.

 

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai vendor konsultan IT terpercaya di Indonesia, MTP memiliki layanan virtualisasi server berupa:

  • Solusi virtualisasi, yakni memaksimalkan server virtual melalui cara otomatosasi, operasi yang terpusat dan konsolidasi data yang memiliki fitur availability, manageability, hingga security.
  • MTP menyediakan layanan virtual server mulai dari perencanaan, perancangan, konfigurasi, solusi keamanan, monitoring, melakukan backup hingga troubleshooting.
  • Implementasi virtualisasi dilakukan dengan melakukan instalasi dan implementasi server virtual mulai dari perangkat fisik server, storage, hingga jaringan (network).
  • Layanan migrasi virtualisasi MTP antara lain konversi fisik ke virtual (P2V) dan virtual server ke virtual server (V2V).
  • Anda juga akan mendapatkan dukungan pemeliharaan vitualisasi yang ada secara berkala. Termasuk juga dalam mengatasi permasalahan bagi keseluruhan perangkat virtual server.